Fenomena Luar Biasa, Awan Mirip Payud@ra di Langit Michigan


Langit di  Michigan secara  mendadak menjadi aneh dengan fenomena Awan yang berbentuk mirip seperti payudara, kejadian fenomena awan aneh ini terjadi pada hari isninmalam waktu setempat, 22 Julai 2013.

Penduduk Michigan yang melihat fenomena awan aneh ini menjadi panik kerana takut jika awan seperti ini merupakan petanda bahaya dan bencana alam yang akan terjadi seperti taufan dan angin puting beliung.

 Namun banyak juga orang yang leka melihat pemandangan aneh yang jarang dilihat tersebut, bahkan ada beberapa orang yang mengambil gambar fenomena alam ini kemudian di muat naik ke media sosial agar orang lain mengetahui jika di wilayah mereka terjadi sebuah fenomena awan aneh. "Ini adalah perkara yang paling gila yang pernah saya saksikan di atas kepalaku," kata Jason Asselin, seorang penduduk setempat yang juga melihat kejadian ini.

 
 Awan yang ada dilangit Michigan kelihatan sangat aneh dengan membentuk bulat bulatan mirip payudara. Awan berwarna biru-oren ini membentang di atas Iron Mountain pada pukul 08.00 malam waktu tempatan. Ahli meteorologi, Jeff Last, akhirnya menjelaskan tentang fenomena awan yang terjadi di langit Michigan. Jeff mendedahkan, fenomena alam yang indah dipandangan mata ini disebut Mammatus atau Mammatocumulus.

 Nama Mammatus berasal dari bahasa Latin yang ertinya payudara, membentuk  pada bentuk ciri-ciri awan yang terkadang mirip payudara. Mammatus akan nampak bergumpal-gumpal dan mungkin kabur atau ditembusi cahaya.

 Mammatus juga boleh merebak ratusan kilometer dengan diameter satu hingga tiga kilometer dan panjang rata-rata 0,5 kilometer. Jangka waktunya dari 15 minit hingga beberapa jam. Fenomena awan semacam ini terjadi akibat dari cuaca ekstrem yang sedang berlaku.







Info Hangat Terbaru